123 Komentar

Bangun hotspot dengan Wireless Router dan Access Point

WRouter dan APJika dengan satu Wireless Router kita bisa membangun hotspot dengan coverage -+30m dengan tambahan satu Access Point coverage semula dapat diperluas menjadi 2 x 30m.

Jika asumsi anda menggunakan Wireless Router dengan Access Point (AP) secara wireless atau tidak terkoneksi kabel antara satu sama lain, maka hal itu tidak mungkin dilakukan dengan perangkat Wireless Router dan AP kelas rumahan.

Ya, kabel UTP tetap diperlukan untuk menghubungkan Router dan AP. Disini akan saya jelaskan penggunaan sebuah Wireless Router dan Access Point dengan nama network (SSID) yang sama untuk memperluas Basic Service Area menjadi Extended Service Area, keduanya kita kenal secara awam dengan sebutan hotspot. Perangkat  minimal yang diperlukan :

  1. Wireless Router (802.11 b/g/n) 1 buah (Rp. 150.000).
  2. Access Point (802.11 b/g/n) 1 buah (Rp. 163.000).
  3. Kabel UTP straight dengan panjang secukupnya (Rp. 4000/m).
  4. Laptop atau PC 1 buah (untuk keperluan konfigurasi pertama kali Wireless Router dan AP).
  5. Modem DSL (optional, jika nantinya ingin ditambahkan internet sharing) -dipinjamin ama ISP ga perlu blanja lagi-.
  6. Perkakas tambahan seperlunya, palu, tangga, mounting screw, paku, cemilan.
  7. perangkat dengan WNIC (Wireless Network Interface Card) untuk testing koneksi.
* Merek bebas deh, harga di atas merupakan perkiraan termurah ;-)
** Info harga terkini cek di www.rakitan.net atau di www.bhinneka.com

Jika anda sudah bisa membangun Wireless LAN dengan sebuah AP maka 2, 3, atau berapapun AP tidak akan menjadi masalah, hanya saja tantangannya terdapat pada pemilihan channel untuk tiap AP supaya tidak terjadi gangguan atau interference.

Akan saya berikan 2 pilihan topologi untuk dua kondisi berbeda,

Topologi Hotspot 1

Topologi 1. Menggunakan Wireless Router dan Access Point

Topologi Hotspot 2

Topologi 2. Menggunakan Router (no-wireless) dan Access Point

Topologi 2 berguna jika anda sudah memiliki router yang bukan wireless dan tidak ingin menggunakan atau belanja lagi Wireless Router.

Tahapan secara lengkapnya adalah :

  1. Berdoa menurut keyakinan masing-masing,
  2. yakinkan bahwa anda telah memiliki poin 1-5 dari perangkat yang disebutkan diatas,
  3. lakukan pengaturan pada Wireless Router,
  4. lalu AP
  5. hubungkan Wireless Router dan AP dengan menggunakan kabel UTP.
  6. lakukan tes dengan mencoba terhubung dengan jaringan yang telah dibangun.
  7. tes selanjutnya, pindah dari satu coverage ke coverage lain.

Konfigurasi

Pengaturan pertama kali pada Wireless Router dan AP dilakukan dengan menghubungkan kabel UTP straight ke PC atau laptop. Setiap vendor wireless router dan AP memiliki antar muka yang berbeda untuk melakukan pengaturan terhadap perangkat mereka, namun secara umum semuanya diakses lewat web browser (Internet Explorer, Mozilla, Opera, dll) dengan alamat IP tertentu (Cek buku manual yang disertakan dalam dus wireless Router atau AP anda).

WRouter atau AP akan bertindak sebagai DHCP server, pastikan PC berada pada posisi automatic IP configuration

Pada wireless router Linksys (hampir semua merek lain memiliki cara yang serupa) alamat IP default dari router adalah 192.168.0.1, akses alamat IP tersebut via browser, dan sebuah jendela autentikasi akan muncul meminta username dan password, sesuai dengan buku panduan username default kosong, dan password default adalah admin. Setelah berhasil masuk ke dalam sistem beberapa hal yang harus diatur adalah:

  • Wireless mode, apakah akan menggunakan mode 802.11a/b/g/n atau mixed,
  • Network name atau SSID, nama jaringan
  • Security Protocols, Open, WEP, WPA, WPA2
  • Channel

Konfigurasi di atas harus sama antara Wireless Router dan AP, KECUALI Channel. Jika hanya menggunakan satu area (basic service area) maka konfigurasi channel bisa dihiraukan alias biarkan seperti settingan pabrikan. Namun jika menggunakan lebih dari satu area (extended service area) channel WAJIB berbeda minimal jaraknya 5 channel, Contoh jika wireless router menggunakan channel 1 maka AP menggunakan channel 6. Hal ini untuk menghindari terjadinya interference antar area.

Contoh konfigurasi yang bisa diterapkan pada wireless router dan AP :

  • Wireless mode mixed, 802.11 b/g,
  • SSID, HOTSPOTKU
  • Security Protocol, WEP dengan key 1 : 1234567890
  • Gunakan channel 1 untuk Wrouter dan channel 6 untuk AP.
  • Jangan lupa AP diberi IP address, untuk mempermudah konfigurasi setelahnya.

Semoga bermanfaat ;-)

About these ads

123 comments on “Bangun hotspot dengan Wireless Router dan Access Point

  1. cukup bagus untuk diaplikasikan ke publik yang jumlahnya melebihi 500 orang seperti untuk kepentingan sekolah,tapi apakah perlu modem jenis tertentu ?

    • Untuk koneksi internet yang lebih stabil gunakan saja koneksi DSL. Biasanya modem DSL-nya sudah disediakan (dipinjamkan) oleh ISP dan itu sudah cukup. Tapi tidak menutup kemungkinan jika ingin membeli modem DSL sendiri.

      Dengan user sebanyak itu bisa dipastikan akan haus bandwidth dan sangat besar kemungkinan terjadi bottle neck jika semua user secara simultan mengakses internet.
      Salah satu solusinya gunakan paket koneksi internet dengan bandwidth yang besar min. 2 mbps dan gunakan lebih dari 1 line internet (disesuaikan dengan kebutuhan) serta terapkan bandwidth management sehingga setiap user memiliki bandwidth yang konstan dan tidak mengganggu user lain.

      Semoga membantu (:

      • mas,,
        mau minta tips,,
        ngebangun server untuk menyimpan semua data di komputer sebuah kantor biar bisa terhubung,,
        gimana caranya mulai dari settingan hardware dan juga softwarenya,,
        mkasih mas

        • Bisa coba baca-baca tentang Network-Attached Storage (NAS), perangkatnya juga sudah banyak di toko komputer Atau bisa coba baca tentang File servicenya window server untuk sharing file yang terintegrasi dengan sistem operasi window server.

  2. sippppppp……….. di update trz yach info2nya..???

  3. Bagaimana setelah dari modem DSL akan di cabang (sambung) dengan 2 wireless router ? kira2 apa yang terjadi ya….

    • Kira2 yang akan terjadi terjadilah. hehehe
      Dari modem DSL di cabang menuju 2 WRouter sebut saja Router A dan B, hal ini mungkin dilakukan. Tapi yang terhubung langsung ke modem hanya 1 router, router A nyambung ke modem router B terhubung ke Router A. Tinggal disesuaikan saja routing table pada masing-masing router (:

  4. Mohon pencerahannya, saya ada problem pakai modem speedy WAG200G hanya sebagai wirelles routernya saja, tapi kenapa hanya 1 komputer saja yg bisa akses, apakah ada setting lain yg harus saya rubah, thx

    • Karena banyak kegiatan dikampus, jadi telat balas, maaf ya. Coba di cek setting DHCP servernya sudah kah enable? Trus perhatikan pool DHCP address-nya harusnya menawarkan IP address lebih dari 1 untuk nantinya di-lease ke komp. client. Semoga membantu :-)

  5. kalo misalnya gw punya 1 router yang hanya ada 1 port LAN.. trus mao pake misalnya 3 AP.. apa bisa pake HUB/SWITCH???

      • saya mau bertanya, saya membeli d-link dir 615(router swicth) 2 perangkat. yang saya mau tanyakan bisa ga salah satu dijadikan hotspot? jadi menyediakan dhcp sendiri, soal nya aku coba selama ini tidak mau koneksi internet… mungkin salah saya setting apa infrastrukturnya salah, atau perangkat tersebut tidak bisa dijadikan hotspot(hotspot wireless access point)?

        biznetmodem->wireless swicth router->swicth-client

        wirless router saya hubungkan ke swicth nya. tp kenapa ga konek ya T_T

  6. Artikel yang bagus sekali. Thanks. Aku mencoba mensetting dengan 1 model Huawei ADSL, wireless router TP-Link dan wireless router Lynksis.

    Pada modem aku setup 192.168.1.1, bridge, DHCP disable, lalu router TP-Link pada WAN IP static 192.168.1.2, LAN IP 192.168.2.1 DHCP enable 192.168.2.100 – 200. Wireless Router TP-Link connect ke modem melalui cable UTP melalui port WAN. Pada router ini di setup PPOE, soalnya PPOE pada modem tidak jalan, ntah kenapa. Pada posisi skrg ini wireless internet bisa diakses melalui router TP-Link ini.

    Lalu pada Wireless Router Lynksis aku setup case 1: WAN IP 192.168.1.3, LAN IP 192.168.2.2 DHCP off, ini tidak bisa akses internet. case 2: WAN IP 192.168.2.2, LAN IP 192.168.3.1 DHCP off juga tidak bisa akses internet. Aku sudah coba dengan settingan DHCP on atau off, tetap ngga bisa. Lalu connect kable dari port 1 main Router ke WAN port router kedua, aku juga sudah coba connect dari port 1 main router ke port 1 router kedua, ngga bisa juga.

    Mohon pencerahan nya gimana seharus nya setting nya. Thanks.

    • MODEM
      Langkah pertama adalah mendapatkan konfigurasi dari modem ADSL sesuai dengan providernya. Konfigurasi PVC yang terdiri dari informasi,
      VCI = XX
      VPI = X
      Service Category = UBR Without PCR (contoh)
      Connection type = PPPoE (contoh)
      Encapsulation = LLC (contoh)
      Username = ???
      Password = ???
      informasi diatas dapat ditanyakan langsung ke provider internet yang kamu pakai.

      WROUTER
      WAN IP = DHCP (dari modem)
      LAN IP = DHCP atau STATIC + IP DNS (tanya ke provider internet)

      ADDRESSING
      Topologi 1:
      Modem—(dynamic IP1)—Wrouter—(DHCP pool2)—LAN

      Topologi 2:
      Modem–(dynamic IP1)–Wrouter—(DHCP pool2)—LAN
      |——-(dynamic IP1)–Wrouter—(DHCP pool3)—LAN

      Topologi 3:
      Modem–(dynamic IP1)–Wrouter—(DHCP pool2)—LAN
      |—-Wrouter–(DHCP pool3)—LAN

      1 202.138.224.0/30 (contoh saja)
      2 192.168.1.0/24
      3 192.168.2.0/24

      Test dengan ping ke Wrouter lalu ping ke modem lalu ping ke google.com, periksa routing table dari masing-masing router, pastikan semua IP yang akan diakses ada terdaftar disana.

      Alangkah lebih baik
      Jika Dany bisa menunjukan gambar topologi beserta pengalamatan yang sudah dilakukan.

      Semoga membantu ;-)

  7. Penjelasan yang detail. Thanks. Saya masih bingung dengan Gambar topologi yang di gambarkan, mohon maaf, masih newbie sih.

    Anyway, topologi yang saya set di rumah sbb: Modem ADSL -> WRouter1 -> WRouter2. Saya mengerti dengan IP pool yang suhu jelaskan di atas, tapi masih saya masih bingung dengan IP apa yang akan diset, maksudnya WRouter kan punya 2 jenis IP, WAN dan LAN.

    Misalkan pada :
    modem IP nya 192.168.1.1 dengan DHCP Pool1 192.168.1.100/124,
    WRouter1-lt.1 IP WAN static 192.168.1.2, IP LAN static 192.168.2.1 DHCP Pool2 192.168.2.100/124,
    WRouter2-lt.2 IP WAN static 192.168.1.3, IP LAN static 192.168.3.1 DHCP Pool3 192.168.3.100/124.

    Saya mengerti dengan setting saya di atas, berarti wireless di lt.1 dengan lt.2 mempunyai SSID yang berbeda dan juga seharus nya DHCP pool dari modem tidak perlu. Kalo cara setting di atas tidak benar, maka gimana seharusnya setting IP WAN dan LAN nya? Dan apakah pada setiap WRouter perlu diinput DNS server static nya? Thanks.

    Lalu gimana lagi kalo misalnya saya mau setting dengan SSID, security (password) dan DHCP yang sama pada kedua WRouter sehingga kalo saya turun ke lt.1 atau naik ke lt.2 dengan laptop atau gadget tetap dengan network yang sama tetapi WRouter yang berbeda. Atau kalo saya tidak salah mengerti DHCP di set pada satu Router saja, apakah itu mungkin? Thanks in advance.

  8. Saya coba gambarkan topologi rekomendasi dari saya disini:
    http://muslimpribadi.wordpress.com/perihal/topologi_dany/
    Untuk Wrouter2 ubah modenya jadi Access Point (semoga saja tersedia fiturnya, jika tidak pendekatannya jadi berbeda.hehe) dan tidak perlu di konfigurasi DHCP.

    DHCP server ada di Wrouter1, dengan topologi seperti ini konfigurasi, SSID, security, wireless mode bisa sama, jadi ketika user roaming/pindah dari lt1 ke lt2 tidak terputus

  9. Siang bro,

    Blognya luar biasa bermanfaat bagi orang banyak bro…., salah satunya saya :)

    Mau tanya, Kemarenan baru pasang fastnet. Terus saya belikan router TP-Link tipe TL-WR841N supaya bisa wifi di rumah. Nah berhubung pc saya gak ada wirelessnya, saya sambungkan pc saya dengan sebuah Access Point tipe Airlive WL-5470AP pakai LAN cable.

    Pertanyaannya:
    1.AP nya sudah saya set sebagai AP tapi kok gak bisa ya? Memang pas settingnya saya tidak menggunakan kabel LAN dr router ke AP-nya. Soalnya saya pikir kan sama2 wireless… Settingan yang benar sebaiknya seperti apa? dan apakah harus pakai kabel LAN saat mensetting AP-nya?

    Mohon pencerahannya ya bro…. (daripada saya harus beli usb wifi lagi, kan mendingan AP-nya dipergunakan :))

    Trims before

    • Idenya bole juga, yang ada kita manfaatkan. Permasalahannya adalah AP biasanya harus terkoneksi ke Wireless Router menggunakan kabel UTP. Jadi AP perpanjangan tangan dari Router.

      Kalau dalam kasusnya Adit, AP menjadi perpajangan tangan dari PC menjadi perwakilan WLAN card yang tidak dimiliki oleh PC, dan setelah dilihat-lihat spesifikasi dari AP Airlive WL-5470AP, ternyata AP ini bisa dipakai untuk terhubung ke hotspot.

      AP ini mendukung banyak mode, nah untuk bisa terhubung ke Wireless Router modenya set ke Client Mode, bukan AP mode

      Silahkan dicoba ;-)

  10. Mantap bro….

    Jujur tadi hampir nyerah…. udah diset sebagai client mode gak bisa mulu… pusink

    setelah beberapa kali coba dan baca2 settingan pada airlive, iseng2 masukan dns server tiba2 jalan….

    Trims buat pencerahannya bro… :))

  11. mau tanya mas,,
    saya ingin membuat semacam MANET ( Mobile adhoc network) tetapi menggunakan Wirelees router atau AP,,,apakah ada AP atau Wireless router yg support untuk protocol OSLR atau DSR??sehingga antara AP dan wireless router tdk perlu menggunakan kabel LAN…atau ada cara lain untuk menghubungkan antara wireless router dengan AP??
    terimakasih sebelumnya

  12. Pak Muslim, saya ingin bertanya: di kantor, kami memiliki modem adsl prolink hurricane 9000 P yang dikoneksi dengan speedy dan juga dikoneksi melalui LAN 4 dengan access point Linksys WAP 54G (kecepatan 54 Mbps). Accessnya lambat sekali. saya ingin mengganti access pointnya dengan TL-WA901ND yang berkecepatan 300 Mbps. bagaimana cara memasangnya dan setting apa yang harus saya lakukan. saya newbie
    Tolong solusinya

    • Jika hanya mengganti access point saya rasa tidak banyak konfigurasi yang harus dilakukan. Tinggal di samakan dari AP lama dan dipindahkan ke AP TL-WA901ND yg baru.
      Di catat manual saja seperti:
      – Network name (SSID)
      – Security & encryption
      – channel
      – mode (B/G/N)

      Nanti tinggal di sesuaikan ke AP yg baru, biasanya lewat browser.

      Panduan penggunaan TL-WA901ND bisa didownload disini

      Semoga bermanfaat :-)

  13. malam pak,
    mau tanya, untuk saat sekarang jaringan di tempat saya menggunakan :
    Modem TP LINK dan dihubungkan ke mikrotik RB 700 dan pada port 3 mikrotik, saya sudah gunakan untuk wireless merk AIRLIVE (dan dipasang pada ketinggian 20 mtr), sebagai AP sampai saat sekarang masih berjalan Normal. dan bisa diakses dengan client yang posisinya dibawah ketinggian wireless tersebut. saya berencana memperluas jaringan karena jaringan tersebut berada di warnet. jadi selain jaringan yang menggunakan kabel lan dimanfaatkan juga untuk AP, namun yang menjadi kendala jika jaringan AP saya mau gunakan di rumah saya, karena posisi keadaan geografisnya jadi signalnya menjadi kecil.
    kira kira kalau saya menambahkan wireless lagi, untuk ditempat yang tinggi namun masih bisa konek dengan wifi utama settingannya bagaimana ya pak? Perlu diketahui jarak dengan rumah saya cuma sekitar 50 m namun dengan keadaan geografis sekitar 75 mtr. pemakain jenis alat apa yang harus saya perlukan, agar tidak menggunakan kabel dan bisa berbagi AP dengan client ditempat tinnggi.
    sangat dibutuhkan pencerahan dari p’Muslim.
    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

  14. ka’ mau tanya donk…
    ROUTER ADSL > WiFi router > laptop…
    kok gag dapet DHCP WiFi ya?

    • Ada banyak kemungkinan. kemungkinan terbesar DHCP di Wireless Router-nya belum di enable/di setting pool IP Addressnya. Coba cek dengan beberapa laptop/perangkat untuk terhubung ke Wifi Router tersebut, untuk memastikan wifi laptop masih berfungsi.

      * cara konfigurasi DHCP biasanya ada di buku manual/cd yg disertakan di dus, atau kunjungi situsnya

  15. wah makasih bgt Om…masalah saya teratasi begitu membaca skema network di atas…
    -ADSL-WRouter-Wrouter(AP)

  16. Pak Muslim, mohon bantuan, dirumah saya pakai speedy dengan model prolink ADSL hurricane 9200R. Saat ini saya mau buat wifi dengan TP Link WR841N. Permasalahannya, ketika setting, sudah mau tahap akhir (verified router setting) selalu gagal dengan tampilan tulisan cek WAN. Mungkin ada solusinya? Terima kasih.

    • Saya belum pernah bekerja dengan ADSL hurricane 9200R, tapi jika keterangannya adalah cek WAN maka kemungkinan kesalahan konfigurasi ISP, coba hub. ISP yg bersangkutan dan minta konfigurasi untuk modemnya. Semoga membantu

  17. brow klo menggunakan wifi router linksys wireless chanelnya pilih yang mana ya? (dari 1 s/d 13) apakah ada perbedaannya? mungkin jarak atau kwalitasnya

    • Kalau cuma pakai 1 Wrouter atau 1 AP pilih channel-nya yg automatic aja. Perbedaan channel tidak mempengaruhi jarak atau kualitasnya. Kalau ada lebih dari 1 AP atau wireless router baru pemilihan channel harus diperhatikan, tidak boleh ada yang beroperasi pada channel yang sama.

  18. Pak Muslim, di rumah saya ada internet kabel (Fastnet) dan saya berencana membuat WiFi agar internetnya bisa disharing. Untuk maksud tersebut apakah saya cukup membeli 1 unit Wireless Router ? Untuk Wireless Router merk TP Link, tipe berapa yang cocok ? Terima kasih.

  19. pak muslim,saya mau membuat wifi sharing dgn jarak skitar 1km.
    apa dengan Wrouter saja sudah cukup???

    • Hehehehehe. Kereeeeeeeeen 1 Kilometer. Sepertinya tidak cukup hanya dengan 1 wrouter. Kamu butuh access-point juga, dengan jangkauan coverage sangat luas (long range antena, setau saya ada yang coverage-nya sampai 900m) karena access-point dan wrouter pada umumnya memiliki coverage -+30m dengan kondisi tanpa penghalang. Jadi kalau 1Km dengan wrouter dan AP biasa tinggal dihitung saja 1000m dibagi 30m. yang pasti lebih dari 1 Wrouter :-)
      coba cek disini

  20. mas mw tanya di kantor saya ada 2 likysys wrt54gl.. saya mw sambungkan via kabel lan? gimana caranya? sy sudah coba tapi jika saya konek ke linkys yng ke 2, sering putus2.sy bingung terutama penentuan IP address nya… atas jawabannya sy ucapkan terima kasih

  21. MAS MUSLIM MAU TANYA NIH, KEMAREN ANE PASANG FASTNET TRUS ANE NIAT PANJANGIN PAKE AP + SWITCH TERNYATA MODEM DARI FASTNET GA SUPPORT SWITCH JADILAH SAYA BELI WIRELESS ROUTER LAGI UNTUK SHARING KE PC .NAH SKG SAYA TETEP GA BISA SHARING DAN ADRESS AP NYA JG GA BISA KEBUKA. ITU KNP YA ? PADAHAL KAN UNTUKS SETTING IP ITU OTOMATIS

    • Yup harusnya otomatis. Supaya bisa internetan dibutuhkan juga IP DNS selain IP yang didapat otomatis dari modem. Pastikan DHCP service di Wrouter berjalan dan membagikan IP DNS tersebut.

  22. Mas Muslim………….
    Saya ingin mengganti switch manual dengan wireless router…………..
    untuk sumber internetnya saya memperoleh dari jaringan….
    kira2 bagaimana mensettingnya yaa………..terima kasih

    • Saya asumsikan setidaknya ada 2 router: 1 router yang benar-benar terhubung dengan internet kita sebut Router A dan 1 Wireless router sebut saja Router B. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan:

      • Router A harus memiliki routing table dari jaringan yang terhubung ke Router B
      • dan Router B di-setting default static route/ gateway-nya IP Router A
      • Router B jangan lupa di masukan alamat DNS server-nya juga
  23. Malam mas Muslim…
    Saya punya 2bh modem router, 1 modem router tanpa wireless, 1 lagi modem router wireless. Saya ingin memanfaatkan modem router wireless sebagai acces point.
    Topologinya seperti ini :
    Telkom Speedy ADSL ——-> Modem Router 1 ———-> Mikrotik RB 750 ———> Swicth Hub ——-> Client..

    Yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana cara menyeting Modem Router Wireless TD W8951ND sebagai acces point melalui mikrotik, misalnya IP addres RB750 port 3 adalah 192.168.3.1

    email saya
    Terima kasih banyak mas.

  24. nah yang di atas itu untuk yng praktek nya,, tapi kalau mau latihan teorinya gimana,,,?? jika semisal di praktekkan lewat software cisco packet tracer,,? mohon di bantu y…

    • Kalau praktek lewat packet tracer malah lebih mudah, tinggal drag aja icon-icon yang bersangkutan. Yang penting jangan salah pilih, kalau wireless berarti semua perangkat yang dipilih wireless semua. Untuk routernya set jadi DCP server. Detailnya kapan-kapan ya kalo ga lupa :-)
      Selamat mencoba

  25. Pa, apakah tp-link TL-WA901ND harus lewat switch dulu? apakah tidak bisa langsung dari TL-wa901ND ke Modem? maaf pa gaptek soalnya.. :D

    • TP link seri TL-WA901ND merupakan Access Point. Artinya untuk supaya bisa terkoneksi ke internet dibutuhkan koneksi ke Router terlebih dahulu. Karena modem harus bertemu (terhubung) dengan Router dahulu baru setelah itu AP :-)

  26. Mas Muslim mau tanya apakah AP merk TP-Link WA5210G bisa dipadukan dgn Wireless Router merk TP-Link WR740N ? Kalo bisa gimana cara settingnya mas supaya sy bisa wifi didalam area rumah sy saja ?

  27. Oh iya…mas hampir lupa skalian mau tanya AP merk TP-Link WA7510N apakah bisa nangkep jaringan SPEEDY ? Kata teman sy kalo AP WA7510N gak bisa nangkep jaringan SPEEDY karna beda frekuensi..Mohon pencerahannya mas…Trims sbelumnya

  28. Maaf mas muslim trus terang sy masih awam dgn jaringan makanya kemarin sy sampe salah beli produk AP TP-Link WA-7510N & sy masih kurang mengerti dgn Skema-nya & konfigurasinya yg mas berikan : Kabel telepon – splitter -> modem SPEEDY -> Router -> AP TP-Link WA7510N ? Kalo mas punya gambar skemanya & konfigurasinya minta tolong mas kirim di email sy ato sy bisa download skemanya dimana? Biar WA7510N yg sy beli bisa sy pake daripada beli lagi…Udah belinya mahal gak ke pake kan sayang mas….Hehehe..Kebetulan dirumah sy ada telepon rumah…Mohon Bimbingannya mas & trims banget sdh respon pertanyaan sy…

    • Ok kalo begitu satu-satu, untuk membuat jaringan wireless dengan SPEEDY dirumah cukup dengan wireless router TP-Link WR740N.
      Access Point TP-Link WA7510N baru di butuhkan ketika ingin menambah jangkauan (coverage) wireless, jadi untuk itu kita tidak akan menggunakannya.

      Beberapa hal yang harus dipastikan adalah:
      1. Anda sudah berlangganan speedy sebelumnya, jadi sudah bisa dipastikan pihak telkom meminjamkan anda modem.
      2. Koneksi internet speedy anda berjalan, coba dengan menyambungkan komputer anda langsung ke modem.
      3. Ketika koneksi internet sudah bisa dipastikan nyambung, catat IP Address DNS server. Caranya buka aplikasi Command Prompt (ada di start menu bagian Accessories) ketik ipconfig/all

      Jika semua poin tersebut sudah pasti anda memilikinya dan bisa, lanjut ke langkah selanjutnya.

      Kira-kira nanti gambar skema/topologi jaringan wireless HANYA dengan wireless router akan seperti ini http://muslimpribadi.wordpress.com/2011/03/11/bangun-hotspot-dengan-wireless-router-dan-access-point/skema_wireless_dsl/

  29. Mas Muslim…trus terang sy salut dgn blog anda karna sy sempat pusing dgn masalah sy ini & udah nanya kesana kemari & ke beberapa blog gak pernah ada tanggapan,.. baru di blog anda sy dapat respon..mudah2han dgn bantuanya mas sy dpt mengatasi masalah sy ini…Semoga amal anda dpt balasan dari maha kuasa..Pertahankan blog anda & buat lah orang INDONESIA semakin maju dgn ilmu anda & tetep Cahyo…

  30. Oke mas…sudah sy catat IP Address DNS server nya. Saat ini sy masih pake Speedy drumah tp bulan depan rencananya sy berhenti blangganan Speedy karna biayanya mahal mas. Maklum mas sy pengen cari yg gratisan kayak teman sy…hehehe. Teman sy rumahnya dsamping rumah sy, dia pake TP-Link TL-WA5210G bisa nangkep jaringan Speedy tetangga sy yg jaraknya +/- 150meter dr rumah sy
    Pertanyaan :
    1. Apakah sy bisa nankep jaringan Speedy tetangga sy, sementara bulan depan sy sudah berhenti blangganan Speedy dr Telkom ?
    2 .Saat ini sy belum punya alat Wrouter TP-Link WR740N. Apakah bisa ganti alat tsb dgn alat yg sy punya WA-7510N ? Jadi dr Modem Speedy langsung sy hubungkan dgn WA-7510N tanpa pake Wrouter WR740N

  31. Maaf mas Muslim..Sbenarnya masalah sy begini..Teman sy disbelah rumah sy pake TP-Link TL-WA5210G bisa nangkep Speedy tetangga kami yg jaraknya +/- 150 meter dr rumah sy, teman sy tidak memakai telepon rumah, dia hanya pake WA5210G u/ nangkep Speedy milik tetangga kami..Kmudian sy tertarik & beli TP-Link TL-WA7510N karna sy masih awam soal jaringan sy sampe salah beli produk. Stelah itu sy tes alat yg sy beli berulang kali & tanya sama teman sy gimana cara setingnya yg bener tp tetap aja WA7510N sy gak mau mendeteksi jaringan satu pun..Lalu teman sy berasumsi kalo frekuensinya kedua alat itu berbeda, klo WA5210G main dfrekuensi 2,4GHz sedangkan WA7510N main dfrekuensi 5,8GHz.
    Pertanyaan nya mas :
    1. Apakah alat sy WA7510N yg frekuensinya 5,8GHz memang benar gak bisa u/ nangkep Speedy tetangga sy ? Ini u/ memastikan asumsi teman sy benar ato salah
    2. Kalo salah asumsi teman sy apakah mas muslim punya cara lain agar alat sy WA7510N bisa u/ nangkep Speedy milik tetangga
    Trims Sbelumnya

    • Kedua perangkat tersebut berbeda, yang satu Access Point yg lainnya WRouter. Jadi memiliki fungsi dan spesifikasi yang berbeda juga.

      TL-WA5210G = AP dengan 802.11 b/g
      berjalan di spesifikasi frekwensi b atau g

      TL-WA7510N = WRouter 802.11 a/n
      berjalan di spesifikasi frekwensi a atau n kemampuan ini sudah tertanam dalam perangkat, jadi hampir tidak mungkin menambah/menyesuaikan menjadi perangkat dg frek. b atau g.

      ya teman anda benar, perangkat yang anda beli memiliki fungsi dan frekwensi yang berbeda dengan tetangga anda yang menyediakan hotspot gratis dengan koneksi internet speedy

  32. Ass.Mas mohon pencerahannya gimana cara setting WA5210G yg dipadukan WR740N? agar sinyalnya dpt sy pake di dalam rumah sy saja & gimana setting securty-nya biar orang lain gak bisa nangkep sinyal Wrouter sy…TQ mas sbelumnya.

    • Secara garis besar adalah:
      1. Gunakan authentication dengan kombinasi password yang tidak mudah ditebak (min. 8 karakter, kombinasi alfabet, angka & wild character)
      2. Aktifkan encryption wpa2-psk
      3. Matikan broadcast SSID (Network Name), dengan begitu jaringan hotspot kamu tidak akan terbaca oleh pengguna sekitar, mereka harus melakukan input secara manual untuk melakukan koneksi.

  33. Ass.Mas Muslim mau tanya ni…Saat ini sy kan sdh berhasil nembak hospot tetangga sy, tp sy heran sy kok gak bisa buka menu TP-Link 192.168.1.254 lagi. IP Address di PC & di laptop sdh sy rubah 192.168.1.100 & Subnet 255.255.255.0. Tp tetap aja gak bisa akses menu TP-Link nya…Mohon Pencerahannya mas…Trims sbelumnya

  34. mohon pencerahan mas Muslim..
    saya mau coba bikin jaringan internet berbasis wireless
    koneksi internet pakai provider Telk** Sp**dy
    – modem ADSL TP-Link TD W8151N (pakai kabel lan)
    – ASUS RT-N10 rencana sebagai repeater/access point (?)
    – Bluelink BL-R33N rencana sebagai repeater/access point (?)
    alasan menggunakan 3 wifi karena areanya lumayan luas, kalo merk dan spesifikasi wifi beda itu karena keadaan mas hehehehe (temen jual bekas)…
    yg saya tanyakan topologi yang benar menurut anda seperti apa ya? kmudian untuk setingan ip address atau yang lainnya bagaimana?
    trima kasih sebelumnya…

  35. Mohon bantuan nya bagi All para teknisi ,,Bgaimana cara menyeting acces point TL-5210G Menjadi AP Router.

  36. BARUSA SAMA MEMBELI ROUTER WIRELESS TPLINK 740 SUDAH SAYA SET SEUSAI PETUNJUK DAN SAYA BISA LOGIN TETAPI BEBERAPA HARI KEMUDIAN SAYA LOGIN DIA MINTA SECURITY KEY LALU SAYA INPUT KELUAR THE KEY OR PASSPHRASE IN CORRECT MOHON PETUNJUK

  37. mohon bantuan mas….
    saya menggunakan tp link wa5210g sebagai client dari AP utama yang menggunakan security password yang selama ini saya gunakan via pc. maksud saya saya mau bikin hotspot sendiri dari wa5210g ( secondary AP ) menggunakan tambahan blue link r30g untuk nyebarin signal wifi, tapi setelah saya coba kok gak bisa ya ? mohon bantuannya langkah2 settingnya step by step berhubung saya masih newbie pada jaringan.
    -Terima Kasih-

  38. permisi mas, numpang tanya.

    kondisi dirumah skrg begini :
    1. rumah 2 lantai, modem dari fasnet, router TL-WR941ND ditaruh di lantai 2 dengan posisi pinggir tengah ruangan.

    2. di lantai 1 beberapa ruangan dapet sinyal wifi nya, beberapa malah blank.

    jadi mau minta saran master2 disini harus beli access point apa dan posisinya taruh dimana agar sinyalnya maksimal?

    seandainya beli access point TL-WA701 bagus tidak?
    apakah harus tarik kabel dari router utama diatas untuk access pointnya?

    Note : saya juga ada router TL-MR3420 nganggur. apakah bisa dijadikan access point?

    terima kasih :)

  39. mas saya ada router yg yg d jadi kan repeater dg SSID kedetek 2, misal: panda dengan panda2. nah itu menyebab kan koneksi error dan RTO terus. gmn itu solusi nya mas?
    terimakasih

    • Kalau misalnya tujuan menambah access point untuk memperluas coverage wifi maka SSID nya harus sama, hanya frekwensinya saja yang berbeda.

      • betul mas mau menambah coverage wifi. setelah SSID nya d sama kan kok malah eror, ga ke ditek.
        mohon pencerahan ma, msh belajar.

        • Syarat 1 udah dipenuhi, dengan SSID sama & channel (frekwensi) berbeda.
          Syarat kedua, gunakan 1 router dan 1 Access Point (router cukup 1, AP bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan coverage). Tidak bisa dua-duanya router

  40. Dear Mas Muslim,

    Saya mau setting wireless connection di kantor tiap lantai berbeda dan 1 divisi tidak bisa diakses oleh divisi lainnya. gambarannya spt ini:

    modem–>router–>wireless 1 (lantai 1)
    |——>wireless 2 (lantai 2)
    |——>wireless 3 (lantai 2 – tdk bisa diakses divisi lain)
    |——>wireless 4 (lantai 3)

    pertanyaan saya:
    1. Apakah dengan topologi spt itu dapat menggunakan modem+router (contoh: WAG210N) atau modem tersendiri dan router tersendiri (jadi ada 2 perangkat)?

    2. untuk wireless 1,2,3,4, apakah dapat menggunakan Access Point?

    3. bagaimana settingan utk wireless 3, sehingga hanya dpt diakses oleh divisi itu saja dan tetap dapat koneksi internet?

    4. rencana saya akan pakai perangkat linksys, apa rekomendasi dari Mas Muslim utk tipe masing-masing perangkat?

    terima kasih atas bantuannya.

    • Langsung jawab saja ya:

      1. Yang terpenting adalah routernya mampu menghandle 2 jaringan LAN (karena biasanya router yang dipinjamkan oleh ISP hanya memiliki fitur 1 WAN dan 1 LAN)
      2. Bisa
      3. Wireless 3 diatur supaya berada pada LAN yg berbeda subnet dg LAN lainnnya
      4. Jika sudah berada pada subnet yg berbeda maka tinggal dibedakan saja SSID nya, lalu lengkapi dg password yg berbeda pula
      5. Saya tidak begitu hapal dengan tipe-tipe dari merk linksys, namun untuk routernya pastikan memiliki fitur 1 WAN connection dan 2 LAN port
  41. Assalamu’alaikum, Mas Muslim. Salam kenal
    Saya salut dengan Anda yang begitu sabar menjawab segala permasalahan yang berkaitan dengan IT di blog ini.
    Saya adalah seorang operator / TU di sebuah sekolah di daerah Tangerang, dan dengan sangat mengharapkan penjelasan soal koneksi internet untuk sekolah kami tersebut.
    Kami menggunakan Speedy dengan modem TP Link 8817, konek lancar (pada awalnya), kemudian kami pasang Wireless Access Point (Airlive WL5470AP) dan sudah dapat difungsikan dengan baik sebagai hotspot (meskipun cuma dalam radius lebih kurang 8 meteran/paling nggak bisa ke laptop).
    Nah, baru2 ini kami membeli sebuah perangkat untuk memperluas hotspot tersebut agar menjangkau lingkungan sekolah (dari mulai kantor, ruang guru, lab, sampai kelas). Perangkat yang kami beli adalah TP-Link WA5210G.
    pertanyaan saya adlah bagaimana cara settingan dan topologinya
    Sekian dulu Mas, terima kasih…

    • Untuk contoh topologinya bisa dilihat di situs resmi TP-Link disini, penjelasan disertai gambar cukuo informatif.
      Untuk cara konfigrasi bisa dilihat pada user guide dan manualnya disini.

      Semoga membantu

    • Sebelumnya terimakasih atas jawabannya. Tapi ada yang mau saya tanyakan lagi, Mas.
      Begini, di kami jg ada 2 jenis modem (TD8817 dan W8101G), bagaimana menurut Mas apakah lebih baik menggunakan :
      1. TD8817 sebagai modem kemudian disambungkan dengan WA5210G sebagai AP ?, atau
      2. W8101G sebaga Modem + AP yang disambungkan dengan WA5210G sebagai Repeater ?
      3. Kalau pilihan nomor 1, bagaimanakah setingan WA5210G nya dan diletakan dimana ?
      4. Kalau pilihannya no. 2, bagaimana pula setingan di W8101G dan setingan WA5210G, dan bagaimana penempatan posisi keduanya.
      Sekian dulu, Mas, nanti aku sambung lagi.
      Terimakasih

  42. saya ingin membangun sebuah hotspot are dengan jangkauan luas mohon petunjuknya dan alat ap saja yg harus saya miliki

    • Alat yang dibutuhkan:

      1. Koneksi internet
      2. Router wireless atau g biasa (biasanya dipinjamkan dengan modem oleh Internet Service Provider)
      3. Access Point, sebagai relay dari router
      4. Kabel UTP dan rj45 secukupnya (plus crimping tools dan kabel tester jika memang harus merakit kabel sendiri)

      Pengetahuan tambahan:

      1. Konsep LAN dan IP Address
      2. Untuk konfigurasi perangkat bisa mangecu pada manual book masing-masing perangkat

      Semoga bermanfaat

  43. pernah nyobain router 3g di tambah access point? kira2 support ga ya?

  44. Yth Pak Muslimpribadi. mohon bantuan nya , saya ingin membangun sebuah hotspot area dengan jangkauan bekisar 700m2 (ingin berbagi jaringan internet antara rumahku dg adiku yg berkisar 50m2, utk 2 komputer/laptop ) dg menggunakan jaringan telkom sppedy, peralatan yg sdh ada modem ADSL speedy dari telkom, dan wirelss router TP-LINK type TL-MR3220 , mohon petunjuknya (setingan configurasi pada komputer 1 yg ada speedy-nya dan komputer 2 sebagai penerima ) apakah peralatan tersebut cukup utk membangun hotspot yg sy inginkan..karena sy sgt awam dalam jaringan mohon petunjuk ..dan sy ucapkan terimakasih.

  45. saya mau menambahkan ap pada modem adsl wireless dari telkom. dengan tujuan untuk menambah jangkaun koneksi wirelesnya. Mohon contoh konfigurasi/topologi yg pas. ada kemungkinan saya akan menambahkn ap lgi untuk menambah jangkaun ataupun memperkuat jaringan agar tidak lemot. mohon pencerahannya.
    Saat ini yang sudah ada yaitu : akses internet dengan modem adsl+wireless dari telkom dan jangkaunnya terbatas pd jarak disekitar modem tersebut…

  46. pak muslim mo tanya nih…saya beli tp link wa701nd dgn harapan bsa sharing dgn komputer 1. &2 yg mo d tanyakan almat ip link tadi tidak masuk2 baik k mozila ato k google crome mohon penjelasannya,,

  47. Aku punya topologi spt ini :
    modem—-swicthub—-Accespoint 1——Accespoint 2

    Kondisi saat ini :
    1. Modem TP LINK by telkom
    2. Switchub TP LINK
    3. AP 1 Dan 2 TP LINK WA500G
    4. Switchub dihubungkan dengan 4 PC dan AP 1 menggunakan Kabel LAN
    5. AP 1 di hubungkan dengan 4 laptop melalui WIFI
    6. AP 1 ke AP 2 di hubungkan melalui wireless jarak 50m
    7. AP 1 Mode Acces Point dengan SSID di Password
    8. AP 2 Mode Repiter menagmbil MAC dari AP1
    9. AP 2 di hubungkan dengan 4 laptop melalui WIFI dan 4 PC dengan kabel LAN

    Permasalahan :
    4 PC yang dihubungkan dengan AP 2 menggunakan kabel LAN tidak bisa konnek dengan internet alias internet mati/disconect, padahal untuk yang menggunakan laptop bisa konek. Apa memang settingnya yang keliru atau bagaimana?
    Mohon pencerahannya….
    Terimaksih.

  48. semgnt malam mas bro..
    saya ada kendala dalam jaringan antar 3 pc melalui router.
    mohon informasinya..

    topologi jaringan saya

    Modem > router TL-MR3420> share to 3 pc

    untuk masing2 pc sdh bisa browsing, dan tentunya sdh mendapatkn IP adress
    saya ingin transfer data dri pc A to pc B, tetapi ketika melakukan ping, saya dpt reply RTO,

    nah menurut ente, gmn caranya biar 2 atau 3 pc tersebut bisa saling berhubungan dengan memanfaatkan IP address dri Router

    thx sebelumnya..

  49. saya pake wifi router blue-link BL-R33N saya mau setting ulang dg mengganti pasword SSID tapi setelah akses dan masukkan pasword baru tsb tdk bisa diterima. apakah tdk boleh mengganti pasword lama? ataukah ada teknik lain spy bisa ganti paswordnya? krn psword tsb sdh banyak diketahui orang luar mereka akses scara sembunyi2. tolong jawabanya.

  50. salam.. mau tanya mas kalau seting wireles ASUS TIPE RT-10N+ menjadi AP.. udah konek tapi.. selalu minta ip.. padahal biasanya kalau tplink.. bisa uatometic.. mohon pencerahanya.. jazakallah

  51. Assalamualaikum Mas Muslim
    Saya mau set jaringan di rumah
    Modem (TP-LINK W8951ND) —> Router (Linksys EA3500) —-> SWITCH/AP/PC (Kabel UTP)
    ISP memakai Speedy

    Saya sudah Set Modem sebagai Bridge dan Router sudah saya set PPPoe, n alhamdulillah internetnya sudah jalan. cuma yg jadi masalahnya, ketika saya mau colok kabel UTP dr router ke SWITCH/LAPTOP memakai kabel untuk mengetes akses router memakai kabel bukan wareless sama sekali tidak nyambung…
    Di Router saya colokan kabel UTP di bagian Ethernet ke Laptop tidak terdeteksi sama sekali..

    (Catatan 1: tidak di colokan ke WAN router karena sudah di pakai untuk akses dari modem ke router)
    (Catatan 2: saya juga sudah tes di router TP Link (TL-WR941ND) kasusnya sama juga.. internet sudah bisa nyambung tp akses ke router melalui kabel lewat colokan ethernet tidak nyambung)

    Mohon pencerahannya n harap maklum kalo rada jelimet..

  52. Malam mas, kalo untuk tp link W8151N bagaimana setting ke fastnet dengan modem motor*la? Bagaimana cara clone mac address?
    Terima kasih mas

  53. Boleh nanya? jika settingan mikrotik di 2 tempat berbeda dan salah satu di ubah apa yang akan terjadi?

    • Hahaha. Boleh. Nah Pertanyaannya general sekali, susah nih jawabnya. Coba bikin lebih spesifik lagi. Setingan apanya gitu…. :-)

      • klo gtu saya ganti pertanyaan boleh?. jadi begini mikrotik di tempat A dipakai dulu di tempat B untuk membackup (Mikrotik di A dan B saling berhubungan). mikrotik di Tempat A diganti pake linksys, apakah akan sama seperti semula bila mikrotik di tempat A diganti pake linksys?
        maaf ya ribet pertanyaan? :(

        • Jawabanya tidak sama. Karena masing2 router punya konfigurasi yang berbeda karena sebelumnya terhubung (sekaligus jadi gateway) di network yang berbeda. Apapun merk routernya, harus di sesuaikan lagi konfigurasinya

  54. Mohon informasinya tentang settingan menggabungkan Modem TP-LINK 150Mpbs Wireless N ADSL2+Modem Router yang didapat dari speedynya dengan Router TP-LINK Wireless N 3G/4G Router MR3420 yang saya sudah punya sebelumnya. saya sudah sambungkan kabel UTP dari LAN modem ke WAN routernya. wireless/SSID modem dan Routernya saya sudah bedakan dan sudah OK. tetapi bagaimana kalo menggunakan SSID yang sama (yang disetting di modem tsb) pada modem dan router tsb. apanya yang harus disetting?

  55. Mas Muslim mohon bantuanya kalo seperti ini
    (server 2003)>>connect>>(mikrotik/router)>>Access Point/Wifi>>(user yang connect dengan wifi)
    pertanyaanya gmana caranya settingan agas user yang connect dengn wifi bisa akses data di windows 2003

  56. mas,mw tanya klo ssh dishare lewat wifi tplink mr3420 bisa ga…? modem nempel di pc.
    skema na pc-modem-ssh-tplink mr3420 wifi – hp.klo bisa step2 dan tutorial na makasih.

  57. plis mas tulungi…tar klo bisa bonus pulsa deh.

  58. Mas, gimana cara mengabungkan wireless router tp link tl-wdr 4300 dengan AP tp link tl-wa7510n soalnya saya ma buat koneksi seperti ini line speedy–>modem adsl–>hub–>wireless router–>AP. Terima kasih atas bantuannya. (Tlg settingan cara menggabungkannya juga diberitakukan pada masing-masing device :) )

  59. ydah mas….tak tnggu eksperimen na
    makasih sebelum na

  60. mas sempetin donk…trus kirim ke email ku

  61. tetap semangat mas muslim dalam menjawab semua pertanyaan dari kawan2 yang berbeda2 permasalahan dan semoga Allah membalas kebaikan mas muslim yang tanpa pamrih mencarikan solusi…. AMIIN
    saya juga mau nanya mas, saya punya modem tp-link TD-W8151N 150mbps wireless N ADSL2 + Modem Router yang di dapat dari speedynya, saya sering gunakan untuk akses wifi tapi jangkauannya hanya sebatas 20 meter. bagaimana caranya agar bisa jangkauannya bisa lebih jauh lagi.. terima kasih.

  62. Mau nanyak ni Merek ” WAP beserta username dan password nya mas ?

  63. mas mo tulung tanya,
    dirumah ada 2 modem router tplink td-w8151n dan switch tp link tl-sf1008m nah sy pasang modem A dilantai dua dan modem B di lantai bawah bersama dgn switchnya, modem yg terhubung dgn line telp/speedy modem A,sekarang dilantai dua bisa internetan secara wireless via modem A,untuk lantai bawah via switch, yang ambil dr port lan modem A msk ke port di switch, namun sy ingin di lantai bawah bisa jg wireless dgn memanfaatkan modem B sebagai AP, kira-kira gimana tuh caranya om…???
    terimakasih sebelumnya.

  64. Salam kenal Pak Muslimpribadi. Mau nanya simple aja, gimana setting wireless router (192.168.2.1) hanya bisa ditangkap oleh satu penerima saja (laptop, 192.168.2.103) sedangkan penerima sinyal lain tidak bisa, tapi mereka hanya bisa akses ke wireless tersebut tanpa ada akses internet. Sehingga laptop 192.168.2.103 bisa memakai akses internet. Terima kasih.

  65. mohon bantuan mas….
    saya menggunakan tp link wa5210g sebagai client dari AP utama yang menggunakan suser name, password yang selama ini saya gunakan via pc. maksud saya saya mau bikin hotspot sendiri dari wa5210g ( secondary AP ) menggunakan tambahan Asus RT-N10 untuk nyebarin signal wifi, tapi setelah saya coba kok gak bisa ya ? mohon bantuannya langkah2 settingnya step by step berhubung saya masih AWAM pada jaringan.
    -Terima Kasih-

  66. kalo pake wireless adsl modem router dari speedy sama apa tidak masbro topologinya

    topologinya beginikah

    internet speedy—-wireless adsl modem router—-mikrotik—-ap

  67. Ass. Mas,

    Mas saya lg setting Belkin F7D301 dan Bluelink R30g, saya bingung sebaiknya mana yg lbh bgs utk induk dan anak sebagai access point? Utk Belkin ada pilihan utk access point(AP) tapi tidak ada WDS, sedangkan Bluelink merupakan wrouter yg sdh support AP dgn kelebihan terdapat WDS jg. Apakah bisa topologi saya dr modem ke wrouter1 lalu utk memperkuat signal lbh luas menggunakan AP atau WDS tanpa kabel utp di wrouter2nya?? Bagaimana caranya mas yg lebih baik menggunakan Bridge atau AP/WDS saja? Tolong dibantu mas, wassalam

  68. Mas aku ada PR nih cara setting menghubungkan 2 wireless dengan 1 kabel LAN tp menghubungkan wireless dengan wirelessnya tanpa kabel gmana ya ?

  69. mas broo.. mohon penjelasan lengkapx buat membangun hotspot di daerah yang tidak punya akses telkom.. hanya ada jaringan telkomsel..

  70. minta saran a dong mas,,
    dengan judul laporan membangun jaringan menggunakan access point
    dengan tp-link

    • Judul laporan apa nih? skripsi? makalah? paper? Saran untuk pemilihan judul harus lebih berbau metode jangan terlalu umum. Contoh: membangun jaringan RT/RW net dengan Access Point bi-directional. Merk bisa apa aja kan ;-) ayo Smangat \m/

Menurut anda bacaan ini bermanfaat? Ada tambahan? Atau mungkin mencari jawaban lain? Tulis disini Ok (:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: