99 Komentar

Cara menghubungkan antar komputer via wifi tanpa acess point (Ad Hoc)

Ad Hoc antar laptop

Peer to peer antar laptop (Ad Hoc)

Teknologi Wireless LAN semakin umum digunakan terlihat dari sebagian besar laptop, notebook dan netbook yang dijual dapat dipastikan secara standar (802.11a/b/g/n) memiliki kemampuan untuk terhubung ke jaringan LAN nirkabel (hotspot), dengan begitu kita dapat melakukan file sharing antar komputer hingga berbagi koneksi internet.

Terdapat dua macam mode network access di wireless LAN:

  • Infrastructure, koneksi ini merupakan yang paling sering kita jumpai, ketika kita melihat poster FREE HOTSPOT atau HOTSPOT AVAILABLE atau banner-banner semacamnya di bandara atau di mall, dapat dipastikan akses ke hotspot menggunakan mode infrastruktur, diperlukan adanya wireless router atau Access Point (AP) untuk mendukung mode ini.
  • Ad Hoc, koneksi ini dapat dilakukan antar komputer langsung (peer to peer) tanpa Wrouter dan AP. Mode ini dapat dilakukan dengam syarat minimal ada 2 komputer yang memiliki Wireless LAN adapter.

Disini akan saya tunjukan langkah-langkah membangun koneksi Ad Hoc, nantinya akan sangat berguna untuk file sharing atau sekedar main multiplayer game tanpa harus menyiapkan AP;-)

Pengujian dilakukan pada Operating System Windows XP dan Windows 7 Home Premium. Yang paling mudah adalah menghubungkan antar komputer Windows XP. Jadi saya mulai dengan yang paling mudah dulu.

Ad hoc wifi antar Windows XP

  1. Buka Wireless Network Connection Status, caranya lewat Control Panel → Network Connections → buka Wireless Network Connection dengan klik 2x atau ENTER. Akan muncul jendela Wireless Network Connection Status klik tombol Properties.

    Wireless Connection Status

    Klik Properties

  2. Setelah tombol Properties di klik akan ada jendela Wireless Network Configuration Properties setelah itu klik tab Wireless Networks dan klik tombol Advance.

    Wireless Network Connection Properties

    Pilih tab Wireless Networks lalu klik tombol Advance

  3. Pada jendela Advance pilih Computer-to-computer (ad hoc) networks only lalu klik tombol Close.

    Wireless Network Connection Properties Advance

    Pilih Computer-tocomputer (ad hoc) network only dan klik Close

  4. Kembali ke jendela Wireless Network Configuration Propertiesklik tombol Add untuk menambah informasi jaringan baru.

    Wireless Network Connection Properties

    Klik tombol Add pada bagian Preferred networks

  5. Jendela baru akan muncul, isi network name (SSID) dengan dirumah (bisa diganti sesuai selera ;-) ), jangan lupa di ceklis seperti gambar di bawah pada bagian The key is provided for me automatically dan This is a computer-to-computer (ad hoc) network; wireless access point are not used (jika bagian ini di-disabledan sudah terceklis maka sama saja, jangan terlalu khawatir).

    Wireless Network Connection SSID

    Jangan lupa klik Ok jika sudah selesai.

  6. Kembali ke jendela Window Network Configuration Properties jaringan wireless baru dirumah telah berhasil anda buat dan muncul di daftar jaringan (Preferred network). Jangan lupa klik Okuntuk menyimpan semua perubahan.

    Wireless Network Connection Properties

    SSID dirumah muncul di daftar preferred network. Jangan lupa klik Ok untuk menyimpan semua perubahan

  7. Ulang langkah diatas di komputer Windows XP lain yang ingin kita hubungkan. Ingat langkah ke-5 harus sama (SSID dan Wireless network key).
  8. Pada semua komputer, mulai koneksi dengan membuka jendela Wireless Network Connection (bisa dibuka lewat tombol View wireless networks di gambar pada langkah ke-1). Klik 2x jaringan dirumah untuk memulai koneksi.

    Wireless Network List

    Wireless Network List

Ad hoc wifi antar Windows 7

  1. Buka Network and sharing center caranya masuk ke Control Panel → pilih Network and sharing center →  pilih Set up a new connection or network.

    network and sharing center

    Klik Set up a new connection or network

  2. Jendela Set up a new connection or network akan muncul scroll ke bawah lalu pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network dan klik tombol Next lalu klik Next di jendela informasi selanjutnya.

    Set up a connection or network

    Piih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network dan klik tombol Next lalu klik Next di jendela selanjutnya.

  3. Pada jendela Set up an ad hoc network masukan dirumah pada kolom Network Name, untuk Security type pilih WEP, dan Security key sepanjang 5 karakter, sebagai contoh saya isi dengan 12345 (saran: gunakan kombinasi yang lebih sulit ditebak). Jangan lupa klik tombol Next.

    Set up an ad hoc network

    Jika sudah jangan lupa klik tombol Next.

  4. Setelah itu akan ada sedikit proses loading oleh windows, tunggu saja mungkin makan waktu beberapa detik tergantung dari kecepatan komputer. Setelah proses loading selesai akan muncul informasi jaringan ad hoc yang baru saja dibuat, klik tombol Close jika sudah selesai.
  5. Kembali ke jendela Network and sharing center pilih Connect to a network dan window tray dari wireless network akan muncul. Disini kita lihat network dirumah telah ditambahkan dan sedang menunggu yang lain.

    Connect to a network

    Wireless network dirumah telah ditambahkan.

  6. Ulangi langkah di atas pada komputer windows 7 lainnya. Langkah No-3 harus sama disemua komputer windows 7 yang ingin dihubungkan (Network name, Security type, dan Security key).

Ad hoc wifi antar windows XP dan windows 7

Untuk menghubungkan komputer windows XP dan Windows 7 tanpa access point sebenarnya cukup sederhana jika kita lihat perbedaan dari langkah-langkah diatas, tinggal dibuat sedikit penyesuaian pada di Windows XP.

Lihat langkah ke-5 pada Windows XP: Hilangkan ceklis pada The key is provided to me automatically, dan isi Network key, Confirmation network key pada Windows XP sama dengan Security key pada Windows 7.

Yang harus diperhatikan

Cek alamat IP dari masing-masing komputer, coba lakukan ping jika memungkinkan (sesuaikan firewall karena ping biasanya diblokir secara default oleh windows xp atau windows 7), atau memang sudah tidak sabar, jalankan saja game multiplayer kesayangan anda ;-).

Yang harus diingat adalah pastikan jarak antar komputer tidak terlalu jauh (lihat signal strength) satu sama lain.

Membangun jaringan nirkabel Ad hoc (computer-to-computer) cukup sederhana. Selamat mencoba.

About these ads

99 comments on “Cara menghubungkan antar komputer via wifi tanpa acess point (Ad Hoc)

  1. owh jadi gt yah om caranya :D mantap. coba ah

  2. @maseadi dan @agam Selamat mencoba 8-)

  3. mas knpa biasanya kalau sharing dari windows 7 ke xp kok slalu minta password padahal gak pernah isi password
    gmana cara mngatasinya???
    mohon bantuannya mas makasi sblumnya

    • Di Windows 7, coba buka Control PanelNetwork and Sharing CenterAdvanced sharing settings scroll ka bawah sampai ketemu Password protected sharing pilih Turn off password protected sharing trus klik save change.

      Semoga membantu ;-)

  4. harus nyambung internet dulu ga mas soalnya ga bisa mulu nih

  5. keren infonya neh, pengen langsung coba tutorialnya. Thx mas, infonya bermanfaat banget :)

  6. hemmm mantap neh gan…!!!!!!!!!

  7. wah belum bisa nyoba mas, bru punyak laptop satu neh, ctr+D dulu deh. bru tau antara wireless bisa peer to peer

  8. pake wipeer lebih enak kayaknya mas, tinggal instal ,n connect, ada menu chat n game

  9. mau nanya …. antar laptop udah sama2 di conect kan,,, tp di gambar wirelees yg d bwah kanan itu ,,,, masih muncul tanda seru warna kuning mas,,,,,
    mohon bantuannya,,,,,,,>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

    • Untuk window 7 tanda seru lebih sering dikarenakan tidak ada koneksi ke internet. Tapi bukan berarti tidak ada koneksi antar laptop. Jadi tanda seru bisa diabaikan, lanjutkan saja 8-)

  10. brti alamat IP hrs sama ya ??

  11. MAS AKU KURANG NGERTI CARANYA, SOALNYA DI CONTROL PANEL ITU , TULISANNYA WIRELESS NETWORK SETUP WIZARD. ITU GIMANA MAS YA..?

    • Ubah tampilan control panel ke classic view caranya klik switch to Classic View
      Pilih Network Connection, bukan Wireless Network Setup Wizard

      Menunya ada di urutan paling atas

      * konfigurasi diatas untuk Window Xp

  12. mungkin dari teman yang ada yang mengerti .

    saya sangat mengharapakan bantuannya..,

  13. kalau loptop bisa di gunakan untuk free hospot langsung di koneksikan tanpa menyeting seprti diatas tp kl komputer bisa egak seperti leptop di gunakan free hospot dan langsung di koneksikan.

  14. Mas kok hanya folder User aja yag bisa di buka yang lain sudah saya share n permision tapi tetap ga bisa tulisannya network error.
    untuk permission sudah di ceklis full control..
    mohon pencerahhanya.
    Gan tolong kirim jawabbannya via FB juga yah….

  15. gan, saya sudah connected. antara 2 laptop, windows 7 & windows xp.
    masalahnya: windows 7 saya intsall game travian offline, mau saya conect ke windows xp di laptop lainnya. koneksi sudah ok, tp saat tulis “ip windows 7″/travianx di windows xp, yg keluar forbidden.

    tolong dibantu
    thanks

  16. mantappp
    ilmu baru tuhh
    thans infonya
    rajin rajin hosting yg kya gni yaa gan

  17. kalo udah terhubung… bgmn cara sharing data dari komputer satu ke komputer yang terhubung?

    • Caranya sama sperti kalo kamu sharing dengan kabel (wire). kamu bisa lakukan folder sharing di satu komputer dan copy file dari folder tersebut lewat komputer yang satu lagi

      • koneksi antar laptop udah ada.. signal full. networknya udah running..
        tapi waktu mau lihat network komp lain: komputer yang satu minta password..
        kalo komputer yang lain saya mau konek, nda bisa konek

  18. mang bisa konek sih tapi kalo mau sharing printer gak bisa konek ke server
    aku minta jawabanya

  19. permisi ini kok pas konek identifing mulu ya, kenapa ini kang?

  20. Terima kasih bos, semoga ilmunya bermanfaat bagi kami, amien….

  21. Nice Topic….kebetulan nih om,sy mau tanya2 ttg internet sharing.. :)
    – sy punya 2 pc (pc-a & pc-b) dan 1 notebook
    – pc-a dipasang modem Flexi EVDO, Koneksi Internet dr pc-a sdh di sharing via LAN, sehingga pc-b sdh bisa browsing :), nah yg sy mau tanyakan :
    * Jika sy ingin membagi koneksi lagi dg menggunakan USB Wireless TP-LINK TL-WN7200ND bisa digunakan sebagai Akses Point..bagaimana caranya?
    agar notebook sy bisa menikmati internet via WiFi.
    ditunggu pencerahannya ya om…

    Terima Kasih
    Rudi

  22. Malam mas, saya mau tanya cara kita biar bisa ambil file dari PC lain dalam 1 jaringan wifi dirumah gitu.. gmn ya caranya?
    Saya sering liat di warnet warnet, komputer utama bisa ambil file dari komputer dimana saya ngetik utk selanjutnya di print dari komputer utama warnet tsb.
    Apa saya harus ikuti langkah-langkah diatas?

    FYI: PC utama saya windows 7 dan Laptop saya windows vista. Apa bisa?

    Terima Kasih Banyak. Maaf pertanyaannya sangat amatir nih :D

  23. Aduh, aku puyeng

  24. permisi mas
    dari tanya jwab diatas saya baca tentang koneksi mengunakan wifi kebanyakan berhasil tapi saya belum dapat solusi tentang koneksi wifi beserta “internet accesnya”
    masalahnya saya dapet masalat tentang ad hoc yang g bisa shering internet / not internet acces pada ad hoc
    padahal sebelumnya pernah bisa
    tp sekarang jadi tidak bisa
    mohon solusinya

  25. lam kenal mas.
    makasih nih mu nyoba,sy lagi belajar memperluas jaringan wifi di rumah,biar gak rebutan,sangat bermanfaat sekali,moga Allah menambah terus wawasan TI nya,dan bisa terus berbagi sama yang lain.

  26. wah artikelnya mantep, sepertinya satu2nya yg membahas adhoc xp-7. :)
    tapi kok saya ga berhasil ya???????????
    di xp maupun di 7 ga kedetek,,
    terutama di xp, tak cek wireles pake hp ga kedetek jg,,mohon bantuannya,, :)

    • Untuk Ad Hoc sedikit berbeda dengan hotspot-an pada umumnya. Untuk Ad hoc kita harus bikin dulu network-nya (bahkan setiap PC yang mau ikutan Ad hoc harus bikin profil network masing-masing, dan konfigurasinya harus identik). Setelah networknya sudah jadi dia otomatis akan muncul di list wireless network, baru lakukan connect bersama-sama :-)

  27. itu kompinya harus ada wifinya????

  28. ko internet connectionnya tetep ga bisa ya di laptop 2???
    padahal di laptop 1 internet connection sharing dah on dan Wireless Lan juga dah jalan????kenapa ya?mohon pencerahannya

  29. mw nanya mz” aq lg ada masalah mengenai sharing data melalui wifi”
    Sharing datanya kn udh brhasil, jika mash default maka password protected sharing nya dlm kdaan on, trz lw mw turn off in pssword protctd sharng td secara otomats melalui cmd t gmna ya mz?
    thnks

  30. mas gmn caranya,klu komputer saya dinyalakan berarti wifinya mati dan klu komputernya dimatikan berarti wifinya nyala dan bisa dan bisa online pake laptop…itu pengaruhnya apa mas tolong donk.

  31. mas mau tanya,saya dirumah ada laptop os xp dan netbook os win 7…laptop bisa konek ke wifi rumah tapi netbook win 7 ga mau selalu muncul pesen “windows was unable to connect to ….” troubleshootingnya “problem with network adapter or accesss point” solusinya gimana ya mas?
    thank’s

    • Coba tes netbooknya konek ke jaringan wifi selain dirumah. Takutnya WNIC netbooknya emang rusak. Atau bisa jadi ga kompatibel dengan tipe enkripsi yang digunakan jaringan wifi.

      Kalau sudah dicoba dibeberapa tempat lain dan tidak bisa konek berarti memang rusak wifi netbooknya

  32. 1. Saya biasa pake adhoc buat ngelan sama temen2. dan menurut pengalaman saya cukup 1 laptop saja yg buat koneksinya dan yg lainnya cuman tinggal connect bisa. Trus pertanyaanya, apa bedanya dengan cara yg buat koneksinya di semua laptop?
    2. dg cara di atas di komp rumah kl mau share internet connection kadang bisa, kadang no internet connection. kenapa ya?

  33. share yang bermanfaat. terimakasih

  34. gan ini bisanya buat 2 komputer aja ya ??
    kalau lebih dari 2 pc menghubungkannya tanpa AP bisa ga ??

  35. permios gan mau nanya lagi :D
    misalnya kan kita sudah hubungkan 6 pc, nah itukan klu dimainin game lan trus menerus kan tp-linknya panas
    itu bisa membuat tp-link kita cepet rusak ga ??

    • Hehe. Musuhnya barang elektronik itu salah satunya ya panas, karena pada titik tertentu bisa bikin komponennya memuai dan deformasi (berubah bentuk), disini bedanya barang bagus ama yg biasa aja. Tapi tenang setiap barang elektronik udah didesain untuk kerja biasa sampai kerja keras seperti TP-link yang dipakai 6 PC. Pastikan sirkulasi udaranya tidak terganggu, sipan di tempat yg udaranya bergerak ;-)
      Tapi lebih baik kl ga kepanasan :-)

  36. Trus gue harus bilang wooowww Gitu

  37. mangxa harus XP ya om…??gmana dgn windows 7..??

  38. sharing ini bisa untuk sharing printer 2 komputer ga???/ tlong bles

  39. mas saya mw tanya kalau mw menggabungkan koneksi lan dengan wifi bagaimana caranya…?

  40. saya punya modem.. saya sambungin ke leptop.. trus wifinya leptop saya pancarkan.. mau saya sambung ke wifinya hape kok gak bisa ya? ada solusi?

  41. ada yang baru nih.. aku ijn nyobba dulu .. nanti klo gagal minta bantuannyamas (:

  42. gan lam knl nh…sy mo tnya nh, gan sy pkai laptop nh d rmh nh saat sy sdng browsing slalu msk sinyal wifi nya settingannya ad hoc peer to peer sinyal nya dr gedung sblh rmh sy,trus sy langsung connection memang bs connection akan tetapi saya bingung nh gan pas sy cek di status general dan support aktif tp di bawah general nya activity nya paket dn sent nya jln gan tp Received nya gk jln gan gmn cr setting nya gan, SY TUNGGU KBR NYA YA GAN…..THANK’S.

  43. Gan, tolongin dong. Sy punya PC pake Speedy , modemnya yg ada wifinya. Nah sy jg pnya laptop n cuma connect ke wifinya. Klo sy pingin sharing file antara keduanya, bisa nggak? Help plis???

  44. […] Posted by MuslimPribadi on Januari 20, 2012 in Jaringan Komputer […]

  45. Gan.. klo saya ada wireless adsl tp link n nyambung ke switch, yg lan bs pada sharing.. tp yg laptop (wireless) ga bs sharing ke lan itu gmana ya? Klo dibuat adhoc inet laptopnya ngakses ke mana?

  46. Sob kalo langkah ketiga windows 7 bagian Security Type bedanya apa aja antara 3 pilihan tersebut??

    • Itu pilihan tipe security (salah satunya encryption algorithm) yang mau diterapkan. WEP merupakan tipe security terendah (kekuatan enckripsi paling rendah). Beda antara 2 dengan yang lainnya adalah, kekuatan enkripsinya. Dan semua PC/perangkat yang ingin berinteraksi di jaringan ad-hoc harus mengaktifkan tipe security yang sama

  47. Mas, punyaq win 7 d pc blum ada pnerima wifinya.
    Lalu aq buka di control panel-network and sharing center-set up a connection or network nggk ada ‘Set up a wireless ad hoc (computer-
    to-computer) network’
    itu gmana y mas?????

    • Jadi meskipun blum ada penerima wifi, secara konfigurasi win 7 sudah siap untuk terhubung secara wireless. Tapi tetap hardware-nya harus sudah diinstall di dalam PC. Kalau tidak maka nanti win7 nya bakalan bilang, hardware tidak ditemukan :-)

  48. Tapi pnyq dh di instal intel.

  49. mas… saya sudah bisa menghubungkan komputer windows xp dan windows 7 dan bisa sharing file… terima kasih atas petunjuknya ..yang ingin saya tanyakan adakah program agar ke 2 komputer itu dapat chatting bersama?

  50. Ass…..
    kenapa wifi hp saya ndak bisa konek dengan laptop, awalx bisa konek tapi diminta password setelah dimasukkan password malah ndak konek tapi yg muncul maaf layanan tidak tersedia. bagaimana solusix mohon petunjuk. trims

  51. gan,,mau tanya,,apakah bisa me-shutdown laptop lain dari laptop kita melalui wifi??

  52. Klo windows 7 ultimate?

  53. mw tnya gan waktu msk k properties tempat ane kok g ad wireless network ya gan yg ad cmn general dan advance???saya pake pc sma wireless adapter

  54. Bermanfaat sekali. Terima kasih atas ilmunya.

  55. laptop saya XP server pake PC win7, bisa masuk tapi tidak bisa ngambil data..laptop saya satunya win7 bisa lsg ngambil data di server, nah anehnya kalau saya ambil data dari laptop win7 bisa, knp y?thx

Menurut anda bacaan ini bermanfaat? Ada tambahan? Atau mungkin mencari jawaban lain? Tulis disini Ok (:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: