Tinggalkan komentar

Reverse-Engineering PostgreSQL ke Model Data Relasional

Kemarin malam, tepatnya tengah malam dengan mata yang agak mengantuk dan deadline yang semakin mendekat, terbersit ide “seandainya ada tools yang murah (gratis) untuk membantu membuat model data relasional langsung dari database, bisa tidur lebih cepet nih..”, lalu coba googling sejenak. Dan tetap tidak mendapatkan tools yang sesuai dengan yang diinginkan, memang ada beberapa namun setelah ditimbang-timbang fitur yang ditawarkan terasa masih kurang.

Akhirnya coba-coba jalankan pgAdmin III program bawaan postgreSQL 8.2, dengan harapan ada fitur data modeling-nya. Setelah beberapa click and try ternyata pgAdmin III tidak terintegrasi dengan kemampuan data modeling. Tanpa patah semangat dan ditemani nyamuk-nyamuk, saya coba cari di knowledge base resmi milik PostgrSQL di sini, ada sedikit pencerahan , ternyata tim postgreSQL sangat berbaik hati mengumpulkan banyak informasi mengenai data modeling tools baik yang Open Source / Free Software maupun yang Proprietary.

Kantuk pun hilang  seketika, ini dia yang dicari-cari!! Setelah sedikit membaca penjelasannya saya tertarik dengan SQL Power Architect dan langsung menuju situs-nya untuk mencari tahu lebih lanjut.

SQL Power Architect terdiri dari 3 versi: Community Edition (Open Source dan tanpa lisensi), Enterprise Edition (30 hari percobaan), Enterprise Edition (Lisensi diperlukan). Untuk saat ini Community Edition sudah cukup buat saya😉. Untuk bisa men-download versi ini kita diharuskan mendaftar (gratis) terlebih dahulu di situsnya. Setelah mendaftar terdapat beberapa paket untuk sistem operasi yang berbeda yang dapat di-download, jika anda tertarik untuk mengembangkannya download saja source tarball-nya.

Setelah di-install ternyata program ini tidak mengecewakan, cukup lakukan koneksi ke Postgres lalu drag tabel-tabel yang ada di kiri dan drop di PlayPen Database Workspace yang di sebelah kanan. Sim.. Salabim… Model tabel langsung tampil lengkap dengan struktur datanya.

Hasil akhir projects bisa di export jadi bentuk PDF atau HTML. Yang kurang hanya kemampuan copy ke clipboard.

Tertarik untuk mencoba? ini link-nya: SQL Power Architect | PostgreSQL GUI Tools

Tidur menjadi lebih nyenyak meskipun nyamuk banyak.

Menurut anda bacaan ini bermanfaat? Ada tambahan? Atau mungkin mencari jawaban lain? Tulis disini Ok (:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: