2 Komentar

Deteksi Plagiarisme Terhadap Tulisan Anda dengan CopyScape

Tulisan ini ditujukan bagi anda para penulis dunia maya (blogger) yang ingin memeriksa, memonitor atau bahkan mencegah hasil karyanya dari kegiatan copas (copy paste) tanpa ijin.

Informasi yang tersebar luas dalam dunia maya merupakan sebuah hasil kerja keras dari mereka yang mencurahkan waktu dan energinya. Dan sangat mudah mengkopi hasil kerja keras tersebut lalu sedikit memodifikasi dan mengklaim sebagai tulisannya.

Tidak ada yang salah dengan menulis ulang karya orang lain, yang menjadi masalah adalah mempublikasikannya pada website, blog atau bahkan situs jejaring sosial tanpa persetujuan penulis aslinya. Dan bagi penulis adalah langkah yang sangat bijak untuk mencantumkan informasi mengenai distribusi tulisannya, ambil contoh blog ini, dengan bantuan CreativeCommons.org saya memilih lisensi Creative Commons Attribution-Non-Commercial-ShareAlike yang arti umum-nya,

Anda bebas (Free) :

  • Untuk berbagi pakai, menyalin, menyalurkan dan menyebarkan.
  • Memodifikasi, melakukan penyesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan memenuhi kondisi :

  • Pemberian Attribut (Attribution), Anda harus menyertakan atribut sesuai dengan etika yang diatur oleh penulisnya atau pemegang lisensi.
  • Non-komersil, Anda tidak boleh menggunakan karya ini dengan tujuan komersil.
  • Share Alike, jika anda merubah, menulis ulang, atau berkarya darinya, anda diperbolehkan mendistribusikan hasil karya anda dibawah lisensi yang sama dengan lisensi ini.

(dialih bahasakan secara bebas oleh Muslim Pribadi M. Baca salinan lengkapnya disini.)

Ada beberapa cara untuk mendeteksi terjadinya sebuah plagiarisme, cara yang paling mudah biasanya kita coba cari di  Google, Yahoo atau Bing, namun CopyScape.com mampu menemukan tulisan anda secara spesifik dengan hasil yang cukup akurat.

Tertarik untuk mencoba? Kunjungi situsnya di http://www.copyscape.com lalu masukan URL blog anda dan tekan Go.

Hasil pencarian akan menampilkan intro text danURL lengkap dari website-website yang memiliki content yang sama dengan tulisan blog anda.

PERHATIAN! hasil pencarian ini tidak sepenuhnya membuktikan praktek plagiarisme tulisan anda, karena mereka yang dengan ijin anda memposting pun akan tampil disini. Jadi untuk langkah penyaringan selanjutnya anda sendiri yang harus melakukannya😉.

Lalu Apa Langkah Selanjutnya?

Sebenarnya langkah selanjutnya ada ditangan anda jika memang terjadi plagiarisme, dalam undang-undang Hak Cipta UU No 19 tahun 2002 delik yang berlaku adalah delik aduan. Jadi jika pemilik Hak Cipta, misalkan penulis buku, pencipta lagu merasa dirugikan oleh orang lain yang melakukan plagiarisme dan pembajakan karyanya maka Polisi dapat menindaknya. Delik aduan ini biasanya terjadi manakala ada kerugian berkaitan dengan Hak Moral dan Hak Ekonomi dari pemilik Hak Cipta. Jadi walaupun seseorang pemilik Hak Cipta sah itu tidak melaporkannya sebagai delik aduan, namun manakala masyarakat mengetahui bahwa telah terjadi pemalsuan dan pembajakan sebuah karya maka sanksi moral dan sanksi sosial dari masyarakatlah yang terjadi. [Sumber: edukasi.kompasiana.com]

Ada beberapa langkah yang dapat anda jadikan rujukan dalam mengambil langkah-langkah selanjutnya:

  1. Cari informasi kontak dari situs pelaku dan kirim pesan yang sopan dan minta untuk materi tersebut dihapus, atau melakukan penyesuaian dengan ketetapan anda sebagai pemilik hak cipta. Jika tidak menemukan informasi kontak anda bisa mencoba mengirimkan email ke webmaster@domainterkait.
  2. Gunakan layanan online semacam whois untuk mengetahui nama pemilik website dan nomor telepon lalu hubungi mereka secara langsung. Anda tinggal memasukan nama domain terkait dan informasi kontak akan muncul di halaman bawahnya. (Alternatif lain : domaintools)
  3. Hubungi perusahaan web hosting bersangkutan dan informasikan kepada mereka perihal perlakuan tidak layak (abusive behaviour) dari salah satu konsumen mereka. Informasi ini tersedia pada layanan pencarian whois.
  4. Kirim surat formal permintaan penghentian (C & D letter) kepada pihak pelaku plagiat bahwa mereka harus menghapus tulisan tersebut dari situsnya. Ada banyak template tersedia online yang bisa anda gunakan dalam memulai menulis surat ini.
  5. Kirim laporan pelanggaran Digital Millenium Copyright Act (DMCA) terhadap search engine seperti Google dan lainnya supaya mereka menghapus situs pelaku dari hasil pencarian.
  6. Jika anda memerlukan bukti pelanggaran, gunakan Internet Archive untuk menunjukan bahwa tulisan tersebut pertama kali muncul di internet oleh anda di domain yang anda pilih.

[Adaptasi dan alih bahasa dari sumber: copyscape.com]

Bagaimana Mencegahnya?

Dalam mempertahankan hak anda secara online melawan plagiarisme, sangatlah penting untuk waspada dan bersikap proaktif, ada beberapa tips dari CopyScape.com :

  1. Pasang banner peringatan untuk tidak menjiplak sembarangan di semua halaman untuk memperingatkan para penjiplak.
  2. Gunakan tanda Copyright disetiap halaman untuk menyertakan kepemilikan anda ( © ©dalam kode HTML).
  3. Deteksi dan identifikasi perilaku penyalinan ilegal dengan rutin menggunakan layanan online semacam copyscape.com secara gratis.
  4. Jika anda bersedia merogoh kocek, ada banyak layanan otomatis pendeteksi plagiarisme sehingga anda langsung tahu ketika plagiarisme terjadi pada tulisan anda.
  5. Jika tulisan anda telah disalin tanpa ijin, ambil langkah selanjutnya dengan cepat.

[Adaptasi dan alih bahasa dari sumber: copyscape.com]

Bacaan selanjuatnya (Pranala Luar) :

Awalnya saya berencana membuat tools online dengan melakukan URL query ke copyscape.com, sehingga pengunjung blog ini bisa langsung memeriksa tulisannya cukup dari kolom komentar di sini saja. Namun setelah membaca Term of Use-nya melakukan query tanpa API dari CopyScape merupakan sebuah pelanggaran hak cipta, maka saya urungkan niat tersebut ;-)

2 comments on “Deteksi Plagiarisme Terhadap Tulisan Anda dengan CopyScape

  1. Waduh, ternyata yg copy tulisan saya sudah banyak, Bung..😦
    Itupun hanya 10 besar yang dikasih lihat. Kalau mau lihat lebih, harus bayar. Hehe..

    • Salah satu tujuan penulisan ini adalah untuk meningkatkan awareness dan memperkenalkan perihal Hak Intelektual dan kemungkinan buruk yang mungkin dialami olehnya, yaitu plagiarisme.
      Dan sekaligus menginformasikan bahwa Hak Intelektual harus dihormati, salah satu caranya dengan meminta ijin sang penulis aslinya.
      Mungkin bung Med harus mulai pasang banner sederhana yang mengingatkan supaya mereka yang copas harus pasang sumbernya juga.
      Layanan gratisannya kan buat Teaser aja, hehe😉

Menurut anda bacaan ini bermanfaat? Ada tambahan? Atau mungkin mencari jawaban lain? Tulis disini Ok (:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: