2 Komentar

Sistem peringatan dini dan Tsunami 8.9 yang melanda Jepang

Gambar dari Associated Press, HuffingtonPost.com

Baru saja Jepang dilanda bencana alam tsunami yang dipicu oleh gempa sebesar 8.9 skala richter di laut pasifik getaran yang lebih besar dari yang dirasakan oleh Aceh ketika tsunami 2004. Gelombang air bah setinggi 7-meter menyapu rumah, mobil, kapal,  dan juga manusia mengakibatkan kebakaran yang meluas tidak terkendali, pihak berwenang mengumumkan setidaknya 32 korban meninggal.

Bahkan bagi Jepang sebuah negara yang terbiasa dengan gempa, kekuatan sebesar itu sangatlah mengguncang dan menyeramkan dengan korban jiwa yang berjatuhan dan luluh lantaknya infrastruktur.

Jepang dengan sistem peringatan dini terhadap gempa dan tsunami-nya yang mutakhir, tidak mampu mengambil tindakan awal untuk menyelamatkan warganya. Saat ini tanda peringatan tsunami telah diumumkan diseluruh pasifik termasuk daerah yang sangat jauh seperti Amerika Selatan, dan seluruh pesisir barat Amerika, Kanada dan Alaska. Beberapa daerah di Indonesia juga sudah melakukan tindakan waspada Tsunami dengan mengungsi ke daerah yang lebih tinggi.

Alam hanya mengerti satu bahasa, yaitu keseimbangan. Manusia hanya bisa memperkirakan, karena terlalu banyak variabel yang harus diperhitungkan untuk mencapai sebuah nilai pasti, variabel yang agaknya mustahil dikalkulasi oleh sebuah algoritma dan di eksekusi melalui prosesor tercepat sekalipun.

Perkiraan terbaru (detik.com), tsunami sampai di Indonesia Timur pukul 18.30 dengan ketinggian 1.5 meter.

2 comments on “Sistem peringatan dini dan Tsunami 8.9 yang melanda Jepang

  1. Sistem peringatan dini dan Tsunami 8.9 yang melanda Jepang itu merupakan salah satu ikhtiar nya manusia untuk memerkecil jumlah korban.

  2. Mas Muslim…trus terang sy salut dgn blog anda karna sy sempat pusing dgn masalah sy ini & udah nanya kesana kemari & ke beberapa blog gak pernah ada tanggapan,.. baru di blog anda sy dapat respon..mudah2han dgn bantuanya mas sy dpt mengatasi masalah sy ini…Semoga amal anda dpt balasan dari maha kuasa..Pertahankan blog anda & buat lah orang INDONESIA semakin maju dgn ilmu anda & tetep Cahyo…

Menurut anda bacaan ini bermanfaat? Ada tambahan? Atau mungkin mencari jawaban lain? Tulis disini Ok (:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: