32 Komentar

Blog yang boleh dan yang tidak boleh di wordpress.com

riset sampai ke en.forums.wordpress.com

Latar belakang tulisan ini dimulai dari keinginan saya menulis tentang CSS dan setelah riset lebih dalam tutorial CSS tersebut hanya didukung oleh browser terbaru. Karena saya terikat secara emosional dengan Firefox (he.he.) ditambah CSS tersebut lancar berjalan di browser rubah api, juga beberapa kode CSS sebelumnya ikut mewarnai blog saya ini. Jadi supaya setiap tutorial tersebut tampil  konsisten dan blog ini tetap terlihat ‘menarik’ maka kampanye FF akan saya mulai.

Yang paling parah adalah IE, dukungan terhadap CSS-nya agak ‘nyleneh’ dibanding Firefox, Opera, Safari atau Chrome, jadi bisa berbeda 180° penampilan web ketika dilihat di FF dan di IE. Nah akhirnya muncul gagasan untuk mengajak pengunjung blog ini untuk menginstal FF dengan memasang semacam banner affiliasi (tidak ada imbalan dalam bentuk uang dari mozilla).

Akhirnya kode tersebut saya copy, namun sebelum di-paste jadi pengen riset lagi tentang affiliasi FF di WordPress.COM, hingga akhirnya dari hasil riset tersebut saya mencapai kesimpulan bahwa affiliasi FF yang TANPA imbalan uang itu TERLARANG di WordPress.COM.

Ya sudahlah tidak menjadi masalah yang terpenting adalah saya masih bisa menuliskan sedikit ilmu yang saya ketahui saat ini supaya jika sewaktu-waktu nanti lupa, WordPress.COM masih menyimpan catatannya dan saya dapat membacanya lagi😉

Dan buat teman-teman blogger semoga tulisan ini dapat membuat lebih berhati-hati dalam memasang konten di blognya, sayang jika blog yang ditulis dengan energi dan waktu yang tidak sedikit harus di-ban karena tidak sadar aturan main di WordPress.COM. [Muslim Pribadi M.]


Sebelum membaca lebih jauh ada satu hal yang harus anda pahami bahwa terdapat perbedaan kebijakan penggunaan antara wordpress.COM dan wordpress.ORG dan artikel kali ini akan fokus ke wordpress.COM.

Apa dampak perbedaan tersebut (wp.com vs wp.org)? pemilhan antara wp.ORG dan wp.COM membuat seberapa jauh anda dapat menggunakan fitur mesin (platform) wordpress, hingga maksimal (wp.ORG) atau hanya terbatas (wp.COM).

Sebelum salah paham, fitur platform wordpress maksimal tidak selalu baik bagi semua blogger.
Contoh: dengan layanan yang disediakan wordpress.ORG anda dapat membangun website sendiri, namun tidak semua blogger paham atau memiliki waktu (dan resource) untuk membangun blog dari nol (pilih jasa hosting, domain, instalasi, konfigurasi, pemilihan plugin, pengembangan lebih jauh dengan PHP, dll).

Kita mulai pembahasan jenis blog yang diperbolehkan di wordpress.COM salah satu staff wordpress.COM menyebutnya dengan istilah ‘real blog’.

  • Personal: kategori yang satu ini merupakan yang paling luas dan membahas topik-topik personal (subjektif) seperti film, politik, kesehatan, curhat, dan semua yang dapat anda bayangkan.
  • Bisnis: para praktisi yang bekerja di berbagai bidang mulai dari pengacara, teknisi jaringan, guru sekolah bahkan hingga tukang becak sering berbagi opini profesional mereka untuk menjalin ikatan tertentu dengan kliennya.
  • Sekolahan: wordpress memberikan kemudahan bagi guru dan siswa dalam berkolaborasi menyelesaikan proyek atau tugas di kelas.
  • Non-profit: yayasan, penggalangan sumbangan, dan organisasi kemanusiaan dapat menggunakan wordpress untuk meningkatkan kesadaran terhadap suatu isu.
  • Politik: anggota dewan, partai politik, lembaga pemerintahan dan aktivis menggunakan wordpress untuk terhubung dengan pemilih atau konstituen mereka.
  • Pribadi: beberpa orang mengatur supaya informasi diblognya hanya dapat diakses oleh keluarga, karyawan perusahaan atau grup tertentu saja.
  • Olahraga: terdapat atlit, tim, dan para fans yang menuliskan kegemaran mereka terhdap banyak bidang olahraga
  • Tutorial, tip dan review: banyak blog yang membagikan tip dan ulasan (review) tentang memasak, games, musik, buku, film, desain grafik, dan lain sebagainya. Blog muslimpribadi.wordpress.com diusahakan masuk ke kategori ini🙂

Blog yang menyalahi kebijakan periklanan dan masuk kedalam salah satu dari kategori dibawah ini DILARANG di WordPress.COM.

  • Scraper Blog: blog yang mengambil konten dari blog lain dan menerbitkannya TANPA ijn (istilah Inggris-nya scraping). Jika blog berisi konten curian, akan di-suspend!. Jadi jangan lupa untuk selalu mencantumkan sumber tulisan jika memang itu bukan tulisan kita😉
  • SEO Blog: blog yang ditulis ditujukan untuk mesin pencari dan bukan untuk manusia. Blog ini didedikasikan untuk membodohi Google dan mesin pencari lainnya sehingga blognya di-ranking atau situs yang terhubung didalamnya supaya berada di posisi atas. WordPress.COM tidak ditujukan untuk aktivitas seperti ini.
  • Affiliate Marketing Blog: blog yang bertujuan untuk mengirimkan traffic pengunjung  ke sebuah program affiliasi dan skema cepat kaya (“mau penghasilan 20jt/bln kerja dari rumah”, dan hal lain sebagainya yang senada). Termasuk Multi Level Marketing (MLM) dan skema piramid, juga affiliasi ke Amazon.com
  • Warez Blog: blog yang mempromosikan produk bajakan yang sudah di-copy, e-book, lagu, film, game, dll.
  • Automated Blog: blog yang isinya merupakan hasil dari kode otomatis, seperti menampilkan blog secara acak, blog yang melakukan publikasi ulang press release, materi marketing, hasil dari mesin pencarian, pembanjiran link, dan atau semua konten yang diproduksi secara massal.
  • Personal Attack Blog: yang satu ini tambahan dari moderator forum WordPress.COM versi bahasa Indonesia. Blog yang bermaksud untuk mengancam suatu individu atau pun kelompok individu tidak cocok berada di WordPress.Com. Blog semacam itu juga “TIDAK DIIZINKAN”. Serta WordPress tidak mentoleransi blogger anonim yang membuat serangan personal tanpa menyertakan tulisan mereka dengan nama asli mereka.

Tim WordPress.COM melakukan ‘patroli’ secara rutin untuk membersihkan blog yang tidak diperbolehkan. Bacaan lebih lanjut :

Masih bingung apakah blog kamu melanggar TOS atau tidak? jangan segan-segan bertanya ke tim WordPress di sini http://en.support.wordpress.com/contact/. Mereka dengan senang hati membantu kita😉

Materi ini juga sempat di tulis secara singkat oleh moderator forum WordPress.COM Indonesia.

Salah satu alasan saya suka dengan WordPress.COM adalah kebanyakan blogger-nya memang menulis untuk menuangkan idenya. Bukan menulis untuk mengejar traffic demi affiliasi dan iklan, karena rasa tulisannya pun  akan berbeda, meskipun sekarang sudah ada WordAds media iklan khusus wordpress tapi persyaratannya aga berat.

Tetap menulis semoga bermanfaat🙂

32 comments on “Blog yang boleh dan yang tidak boleh di wordpress.com

  1. Kecuali Warez dan Personal Attack blog, poin-poin yang dilarang di Wp.com sekarang juga dilarang di Google loh……
    Kalau Wp.com punya mesin detektor untuk mengenali blog yang melanggar aturan dan men-suspend-nya secara otomatis, maka Google juga memiliki mesin sejenis yang disebut Google Panda. Situs yang ketauan melanggar akan diturunkan PR-nya hingga menjadi 0. Dan yang terparah adalah, situs tersebut bisa dihapuskan dari mesin pencari (tidak terindex lagi).
    Btw, salut nih udah menterjemahkan Aturan Main Wp.com. Berapa lama ngerjainnya, Gan?

    • Salah satu alasan Panda ini muncul adalah akibat banyaknya komplain dari penulis asli yang mendapati pageRank web mereka lebih rendah dari blog scraper. Alasan yang lainnya adalah untuk mengurangi rank dari web berkualitas rendah (menurut google) dan mengembalikan rank tersebut ke web yang lebih berkualitas supaya tampil lebih atas di hasil pencarian.
      Proses terjemahan ga lama om mungkin sejam. sambil nyambi yang lain;-)

  2. Terima kasih mas buat info yang satu ini🙂

  3. Makin hari makin Super Blog nya … ( Tampilan & Posting )🙂 …
    Postingan yang satu ini juga menjdi informasi yang sangat berguna sebgai panduan dasar untuk para blogger ( khususnya saya yang belum banyak tahu🙂 ).
    Thanks Muslim untuk Share-nya

    Sekalian ah nitip salam buat sobat-sobat diatas … ada Abed dan Nandobase🙂

  4. […] BLOG yang Boleh & Tidak Boleh di WordPress.com Desember 26, 2011 Ariko Kami Dari Semua, mendapatkan informasi yang menarik sekaligus bermanfaat dari BlogWalking-nya. Sengaja di Share disini agar lebih banyak sobat-sobat yang turut mendapatkan manfaatnya. Pada halaman ini hanya ditampilkan potongan dari dari artikel tersebut …  selengkapnya ( PENTING & BERGUNA lho .. Sueeerrrr ga’ Bo’ong !!! ) silahkan Klik Tautan/Link pada Judul diatas atau dibagian akhir halaman ini […]

  5. WP makin lama makin ketat aja ya bro? Saya juga pengen bersihin postingan yang rada-rada melanggar TOS, biar gak kena razia nantinya.🙂
    Terimakasih telah berbagi.

    • Sebenarnya udah berlaku lama sih TOS-nya. Cuman efek penalty-nya ga langsung, jadi buat kita-kita yang ga tau jadinya adem-adem aja.
      Kalau yang lebih bebas memang di blog-nya mbah gugle (saya sendiri juga punya kok. hehehe). Tapi tetep hati-hati juga karena mereka punya TOS-nya sendiri.
      Dan blokir di blogspot terjadi lebih sering dikarenakan laporan dari pengunjung, selain itu sepertinya tidak terlalu ketat.
      Sukses juga dengan blog spot-nya bro😉

  6. keren om , trims ya , jadi tau deuh …🙂

  7. jdi konten di blog lebih baik tulisan diri sendiri, daripada ‘jiplak’ punya org lain kan mas, hehe. nice info nih, terima kasih mas.
    oh, ya. salam kenal jg🙂

    • Lebih baik memang tulisan sendiri. Tapi memang ada kalanya kita menemukan tulisan yang bermanfaat dan ingin supaya lebih mudah dicari kita pasang juga di blog kita, tidak menjadi masalah selama mencantumkan sumber tulisanya.
      Selamat menulis Silvy😉

  8. info yang bagus.
    kalau begitu bagai mana dengan blog saya apa menyalahi aturan yang di tetapkan WP.
    mohon penjelasan dan arahanya gan

  9. Postingannya sangat bermanfaat bagi akang yang katro dengan TOS-nya WordPress padahal ngeblog udah lebih setahun he he he…makasih pencerahannya Bro!!!

  10. saya belumpernah pake wp.
    tapi klo memang seketat itu ribed juga yah……
    padahal saya denger wp lebih bagus untuk seo dibanding blogspot.
    sayang klo gak sekalian di manfaatin buat bisnis.

    • Itu untuk wp.COM saja, kalo hosting sendiri sih bebas. Masing-masing punya kelebihan, seperti blogspot fleksibel dalam merubah kode tema dan mencantumkan kode javascript, namun pada wp, memiliki text editor yang lebih lengkap dan lebih mudah dalam mengelompokan tulisan. Dan lain sebagainya.

      Jika memang ingin bisnis menggunakan wp, bisa hosting sendiri😎

  11. numpang tanya masbro.kalau kita pasang iklan teman di wordpress boleh tidak mohon penjelasanx masbro.

  12. makasih bayak penjelasanx.
    bisa kita sampaikan pada teman-teman.
    salam kompak selalu..

  13. original post itu adalah yang terbaik.

  14. saya baru buat, belom post udah suspend. atuuh😦

  15. nice blog.

Menurut anda bacaan ini bermanfaat? Ada tambahan? Atau mungkin mencari jawaban lain? Tulis disini Ok (:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: