6 Komentar

Versi Mayor Firefox Berlebihan!

notfikasi wp dashboard

Your browser is out of date

Beberapa jam yang lalu waktu cek email ternyata ada komentar baru di blog ini, tanpa pikir panjang langsung masuk dashboard wp buat cek lebih lanjut, ternyata ada notifikasi oranye yang memberitahukan bahwa browser Firefox yang saya gunakan sudah kadaluwarsa alias versi terbaru Firefox sudah di-release dan siap di-download.

Dulu waktu pertama kali mendapatkan notifikasi ini saya cukup senang ternyata wp perhatian terhadap browser yang saya gunakan. Tapi sekarang saya jadi bingung juga sama Firefox, bukan bingung dalam artian hal teknis seperti antar-muka atau desain layout-nya.

Saat ini Firefox yang saya gunakan adalah versi mayor 6, dan versi terbaru dari Firefox saat artikel ini ditulis adalah versi 10.0beta. Semenjak versi mayor Firefox mencapai 5.x.x kecepatan perubahan versi mayornya menjadi luar biasa meningkat dan setiap perubahan versinya tidak memberikan perbedaan yang signifikan sehingga tidak terasa pada performa dan (sedikit)  terlihat pada antar-muka. Jika kita perhatikan release note dari situs resminya perubahan versi mayor akhir-akhir ini dilakukan ketika poin (security fix/new feature) perubahan masih sedikit.

Ketika versi Firefox 4 di-release ada 41 poin tambahan, perubahan pada Firefox versi 5 hanya 11 poin, pada versi 5 update versi minor hanya dilakukan sekali menjadi Firefox 5.0.1 lalu berubah menjadi Firefox versi 6, 7, 8, dan sekarang yang sudah di-release terbaru Firefox versi 9, dengan versi 10 beta sedang diuji coba.

The Angry Technician menyebutnya inflasi terhadap nomer versi, karena biasanya versi mayor akan berubah setelah jangka waktu yang cukup lama dan perubahan yang sangat besar pada source code sehingga terkadang akumulasi tersebut memaksa  perubahan framework penulisan source code. Seperti Firefox versi 3.0.0 berkembang sedemikian lama hingga mencapai versi 3.6.25 sebelum menjadi Firefox versi 4. Namun sekarang perubahan versi mayor terasa dipaksakan dan tidak pantas disebut perubahan mayor. Penomoran ini menjadi turun nilainya a.k.a inflasi.

Dampaknya adalah ketika versi mayor berubah maka extension lama akan tidak aktif karena tidak compatible dengan versi Firefox terbaru, jadi baik pengguna maupun pihak pengembang extension akan terkena imbasnya. Sangat melelahkan bagi para pengguna awam jika harus memilih extension lagi, seperti yang ditulis oleh Yakko Warner | Firefox 6 major version, major pain.

Gosip yang beredar, hal ini merupakan strategi marketing dari Firefox, seperti halnya perubahan versi pada BMW (116.. 118..  130..) misalnya, penyusun strategi bisnis di-Firefox berfikir bahwa angka yang semakin besar akan memberikan awareness kepada penggunanya bahwa Firefox menjadi lebih baik [Claudio pada kolom komentar The A.T.].

Perubahan versi mayor yang terlalu dekat 4,5,6,7,8,9,10 membuat banyak pihak kebingungan, para pengembang extension dan plugin merasa kesulitan untuk mengimbangi perubahan ini dan akan membingungkan bagi penggunanya yang tidak memiliki banyak pengetahuan teknis.

6 comments on “Versi Mayor Firefox Berlebihan!

  1. bulan depan pasti udah keluar firefox 11 neh :hammer

  2. seperti yang mas katakan, saya update pake firefox 10 kok jadi berantakan ya tampilan webnya? itu kenapa mas?

    • Seharusnya update tidak mengakibatkan tampilan web jadi berantakan. Coba dilakukan permbandingan dengan tampilan di browser lainnya seperti opera, chrome, safari, atau IE. Apakah sama berantakan juga.

  3. saya sudah download yang 11, tetapi menjadi tidak compatibel dengan fdm saya, saya jadi repot kalo harus ngambil file besar,saya usaha cari jawaban tapi belum ketemu, lo ada yang mau membantu, saya ucapkan terima kasih…..

Menurut anda bacaan ini bermanfaat? Ada tambahan? Atau mungkin mencari jawaban lain? Tulis disini Ok (:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: